CONTOH STUDI KELAYAKAN BISNIS

Studi kelayakan bisnis merupakan langkah awal memulai bisnis Studi kelayakan bisnis adalah sebuah penelitian mendalam tentang bisnis yang akan dijalani menyagkut banyak aspek hukum ,sosbud, manajemen keuangan, teknis operasional dan teknologi sampai pada pemasaran. dengan pertimbangan semua hal tersebut maka hasil Studi kelayakan bisnis akan digunakan sebagi acuan apakah bisnis tersebut layak dilanjutkan atau ditunda atau bahkan dibatalkan.

Aspek yang terdapat pada studi kelayakan bisnis yang terdiri dari berbagai aspek yang sudah disebutkan di atas antara lain :


1. Aspek hukum dan adminstrasi

terkait aspek legal yang meliputi ketentuan hukum yang berlaku termasuk :

a. Perijinan :

i) Izin lokasi :

ii) Izin usaha :

• Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badan hukum lainnya.

• NPWP (nomor pokok wajib pajak)

• Surat tanda daftar perusahaan

• Surat izin tempat usaha dari pemda setempat

• Surat tanda rekanan dari pemda setempat

• SIUP setempat

• Surat tanda terbit yang dikeluarkan oleh Kanwil Departemen Penerangan


2. Aspek sosial ekonomi dan budaya

Berkaitan dengan dampak yang diberikan kepada masyarakat karena adanya suatu proyek tersebut :

a. Dari sisi budaya

Mengkaji tentang dampak keberadaan peroyek terhadap kehidupan masyarakat setempat, kebiasaan adat setempat.

b. Dari sudut ekonomi

Apakah proyek dapat merubah atau justru mengurangi income per capita panduduk setempat. Seperti seberapa besar tingkat pendapatan per kapita penduduk, pendapatan nasional atau upah rata-rata tenaga kerja setempat atau UMR, dll.

c. Dan dari segi sosial

Apakah dengan keberadaan proyek wilayah menjadi semakin ramai, lalulintas semakin lancar, adanya jalur komunikasi, penerangan listrik dan lainnya, pendidikan masyarakat setempat.


Untuk mendapatkan itu semua dengan cara wawancara, kuesioner, dokumen, dll. Untuk melihat apakah suatu proyek layak atau tidak dilakukan dengan membandingkan keinginan investor atau pihak yang terkait dengan sumber data yang terkumpul.


3. Aspek pasar dan pemasaran

Berkaitan dengan adanya peluang pasar untuk suatu produk yang akan di tawarkan oleh suatu proyek tersebut :

• Potensi pasar

• Jumlah konsumen potensial, konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk membeli.

Tentang perkembangan/pertumbuhan penduduk :

• Daya beli, kemampuan konsumen dalam rangka membeli barang mencakup tentang perilaku, kebiasaan, preferensi konsumen, kecenderungan permintaan masa lalu, dll.

• Pemasaran, menyangkut tentang starategi yang digunakan untuk meraih sebagian pasar potensial atau pelung pasar atau seberapa besar pengaruh strategi tersebut dalam meraih besarnya market share.


4. Aspek teknis dan teknologi

Berkaitan dengan pemilihan lokasi peroyek, jenis mesin, atau peralatan lainnya yang sesuai dengan kapasitas produksi, lay out, dan pemilihan teknologi yang sesuai.


5. Aspek manajemen

Berkaitan dengan manajemen pembangunan proyek dan operasionalnya.


6. Aspek keuangan

Berkaitan dengan sumber dana yang akan diperoleh dan proyeksi pengembaliannya dengan tingkat biaya modal dan sumber dana yang bersangkutan.

» Read More...

AGROBISNIS PAPRIKA PELUANG BISNIS BALIK MODAL CEPAT

Peluang Bisnis Paprika

Paprika (Capsicum Annum) adalah produk agroindustri yang semakin menjajikan. Produk agrobisnis paprika yang merupakan salah satu bahan makanan seperti pizza atau salad saat ini terimbas maraknya bisnis makanan asal eraopa ini. sebagai salah satu produk agrobisnis paprika dapat dibudiidayakan dengan cepat, hanya 3 bulan. rata2 petani paprika hanya membutuhkan waktu tidak sampai 2 tahun untuk balik modal. Budidaya paprika tidak terlalu sulit, banyak buku2 tentang agroindustri paprika yang bisa anda pelajari. disini kami tidak bisa menyampaikan secara detail tentang agroindustri paprika namun setidaknya kami memberikan ide bisnis kepada pembaca setia blog ini.

Rata2 syarat buah paprika yang dijual di pasar lokal adalah
1. kematangan buah paprika berkisar antar 70-90%
2. Berat paprika kualitas A 200-250 gr
3. perhatikan ambang batas penggunaan pestisida selama masa tanam paprika tidak boleh lebih dari 0,5-5 ml/lt air.

Paprika is never dead. agrobisnis paprika layak anda perhitungkan sebagai sebuah peluang bisnis yang menarik.

» Read More...

TOKO ONLINE

Toko Online Peluang Bisnis Masa Depan

Toko Online kedapan akan menjadi peluang yang sangat bagus. Dengan Toko Online kita tidak memerlukan biaya besar untuk sewa tempat, memasang etalase dan etc. Peluang Bisnis Toko Online pada tahun ini terus meningkat, hal ini seiring dengan peningkatan pemanfaatan media internet di Indonesia untuk pemasaran produk. Selain karena jumlah pengguna internet yang meningkat, program internet murah seperti IM2 BROOM Unlimitted , SPEEDY juga dikarenakan banyaknya media dan wadah pembelajaran online marketing. Jelas Prospek toko online akan semakin besar. Sebelumnya saya juga memposting tetang pelung bisnis ayang anda bisa lihat disini dan disini

Toko Online adalah salah satu peluang bisnis yang bisa Anda coba. Toko online adalah sebuah website yang kita digunakan untuk memasarkan produknya. Produk Toko online bisa berupa barang atau jasa.

Memulai usaha toko online dan sukses.
Tidak banyak Toko Online yang bertahan, alasanya adalah karena toko online tersebut tidak dapat bersaing, untuk sukses membuat sebuah toko online , lets we learn about toko online step by step.

1.Pilihlah produk Toko Online yang tepat.
Tepat yang dimaksud adalah produk tersebut banyak dicari oleh penguna internet tetapi persaingan tidak terlalu tinggi, caranya kita akan bahas pada kesempatan lain.

2. Survey Keyword toko online
Anda tidak mau toko online anda tidak ada pengunjungnya bukan, so gunakan search engine untuk menjadi marketer toko online anda . Carilah keyword dengan keyword tool yang cocok untuk toko online anda dan jangan lupa keyword itu cukup banyak yang mencari.

3. Membuat Website Toko Online yang Marketable
Toko Online memerlukan website sebagai alat utama promosi Untuk menjaga kredibilitas Anda harus punya website dengan hosting sendiri. Bukan website gratisan. Ada baiknya jika web toko online anda berekstensi .com atau .net, karena ini yang sudah populer di masyarakat.
Website toko online Anda harus bisa menjadi sales yang memikat bagi pembeli. Website Anda harus bisa meyakinkan pengunjung bahwa Anda layak diajak bertransaksi. Cantumkan foto alamat jelas dan no telp yang mudah dihubungi. Jagan lupa foto-foto produk dan foto-foto lain serta harga produk toko online anda yang akan membuat pengunjung semakin percaya dengan Anda.

4. Daftarkan Toko online pada Search Enggine
Toko Online anda Anda harus terindek di search engine. Gunakan script toko online yang search engine friendly karena tidak semua script toko online ramah dengan search engine. Solusi yang mudah adalah menggunakan blog untuk toko online anda karena cenderung mudah dia lakukan search engine optimazion ( SEO ).

3. Promosi Toko Online melalui Iklan gratis dengan Tepat
Bagaimana konsumen menemukan toko online anda. Sebagian besar konsumen menemukan toko online anda dengan cepat dan tepat adalah melalui search engine (google, yahoo, dll). Disinilah pentingnya SEO (search engine optimization)
Anda juga bis mempromosikan toko online anda melalui iklan baris, iklan di web yang banyak pengunjungnya, PPC ataupun komunitas online.

4. Pelayanan kepada pelanggan Toko Online
Pelayanan yang cepat dan respon yang cepat pula akan menajdikan pelanggan toko online anda loyal.

5. Mental Wirausaha Sukses
Usaha toko online sama dengan usaha offline. Untuk itu memaliki mental wirausahaan sukses sangat penting , mental itu antara lain :
• Pantang menyerah. Di bisnis apapun, kendala pasti ada.
• Sabar. Produk Anda mungkin laku di hari pertama, mungkin juga di tahun pertama
• Berani menghadapi resiko. Resiko pasti ada. Tinggal bagaimana kita menghadapinya
• Selalu mencari peluang. Boleh jadi bisnis pertama Anda gagal. Tapi itu bukan akhir segalanya, kan ? Peluang usaha toko online masih banyak. Silahkan cari peluang yang sesuai dengan Anda

6. Terus belajar dan mengembangkan diri.
Bagaimana mengembangkan toko online Anda ? Itulah yang harus Anda pelajari
7. Jangan lupa Bayarkan zakat dan beramal

» Read More...

USAHA KECIL MENENGAH

Usaha kecil menengah . Usaha kecil menengah secara terminologi Usaha kecil menengah adalah jenis usaha yang mempunyai range bahasan usaha kecil dan menengah jika sebelumnya saya pernah memposting tentang usaha kecil, untk lebih jelasnya klik disini

So apa itu usaha menengah

Usaha Menengah

Pengertian usaha menengah

Usaha Menengah sebagaimana dimaksud Inpres No.10 tahun 1998 adalah usaha bersifat produktif yang memenuhi kriteria kekayaan usaha bersih lebih besar dari Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) sampai dengan paling banyak sebesar Rp10.000.000.000,00, (sepuluh milyar rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha serta dapat menerima kredit dari bank sebesar Rp.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) s/d Rp.5.000.000.000,00 (lima milyar rupiah).

Ciri-ciri usaha menengah

  • Pada umumnya telah memiliki manajemen dan organisasi yang lebih baik, lebih teratur bahkan lebih modern, dengan pembagian tugas yang jelas antara lain, bagian keuangan, bagian pemasaran dan bagian produksi;
  • Telah melakukan manajemen keuangan dengan menerapkan sistem akuntansi dengan teratur, sehingga memudahkan untuk auditing dan penilaian atau pemeriksaan termasuk oleh perbankan;
  • Telah melakukan aturan atau pengelolaan dan organisasi perburuhan, telah ada Jamsostek, pemeliharaan kesehatan dll;
  • Sudah memiliki segala persyaratan legalitas antara lain izin tetangga, izin usaha, izin tempat, NPWP, upaya pengelolaan lingkungan dll;
  • Sudah akses kepada sumber-sumber pendanaan perbankan;
  • Pada umumnya telah memiliki sumber daya manusia yang terlatih dan terdidik.

Contoh usaha menengah

Jenis atau macam usaha menengah hampir menggarap komoditi dari hampir seluruh sektor mungkin hampir secara merata, yaitu:

  • Usaha pertanian, perternakan, perkebunan, kehutanan skala menengah;
  • Usaha perdagangan (grosir) termasuk expor dan impor;
  • Usaha jasa EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut), garment dan jasa transportasi taxi dan bus antar proponsi;
  • Usaha industri makanan dan minuman, elektronik dan logam;
  • Usaha pertambangan batu gunung untuk kontruksi dan marmer buatan.
Peluang usaha kecil menengah selalu saja mendapat porsi besar dalam republik ini. kontribusi usaha kecil menengah . bagaimana prospek usaha kecil menengah dan peluang usaha kecil menengah kedapan? anda bisa melihatnya disini



» Read More...

PROPOSAL BISNIS

Contoh Proposal Bisnis

Proposal Bisnis pada prinsipnya sama dengan posting saya sebelumnya tentang proposal usaha tetapi pada posting proposal bisnis kali ini saya akan memberikan contoh proposal bisnis dalam bentuk lain.

Contoh proposal bisnis anda bisa download di link proposal bisnis ini

PROPOSAL BISNIS
PROPOSAL BISNIS merupakan salah satu katagori dari laporan. Seperti telah kita ketahui laporan terdiri dari tiga kategori dasar, yaitu:



PROPOSAL BISNIS digunakan untuk menyampaikan struktur laporan yang bersifat memadukan antara informasi dan persuasif yang diberikan kepada pengguna internal perusahaan (direksi, atasan, dan lain-lain) maupun internal (klien, mitra perusahaan, investor, dan lain-lain). Dengan demikian, PROPOSAL BISNIS merupakan kategori khusus dari sebuah laporan (reports) yang memadukan antara informasi dan komunikasi persuasif.
tujuan PROPOSAL BISNIS, yaitu untuk kepentingan pengguna internal (PROPOSAL BISNIS internal), misalnya manajemen perusahaan dan pengguna eksternal (PROPOSAL BISNIS eksternal), misalnya sponsor atau investor.


PROPOSAL BISNIS internal
Dibuat untuk meminta serta membantu membuat keputusan kepada manager dalam suatu organisasi. Yang termasuk dalam internal PROPOSAL BISNIS adalah “funding PROPOSAL BISNIS”, yang meminta dana dan dukungan manajemen

untuk proyek-proyek baru yang akan dilakukan perusahaan, dan “general project PROPOSAL BISNIS”, yang berisi meminta ijin untuk menjalankan proyek baru.


PROPOSAL BISNIS eksternal
Dibuat untuk meminta serta membantu membuat keputusan dari pihak-pihak diluar organisasi. Yang termasuk kedalam external PROPOSAL BISNIS adalah “investment PROPOSAL BISNIS”, yang meminta dana dari para investor, dan “sales PROPOSAL BISNIS”, PROPOSAL BISNIS penjualan yang dapat memberikan sarana untuk solusi masalah individu, atau untuk pemuasan kebutuhan barang maupun jasa. Jenis PROPOSAL BISNIS ini diajukan kepada pelanggan potensial.


Tahap membuat PROPOSAL BISNIS
Terdapat tiga tahapan penulisan PROPOSAL BISNIS yaitu :


Perencanaan PROPOSAL BISNIS , yang meliputi:
Menganalisa kondisi . Mengklarifikasi masalah atau melihat kesempatan yang ada, menentukan tujuan, mengembangkan profil penerima, dan mengembangkan rencana kerja.


Mengumpulkan informasi. Mencari tahu apa yang dibutuhkan penerima, dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan agar dapat memberikan kepuasan kepada penerima.


Memilih media yang tepat. Memilih media yang terbaik untuk menyampaikan pesan anda. Akan lebih baik jika dapat menyampaikan pesan melalui beberapa media.


Mengorganisasikan informasi. Tentukan topik utama, membatasi ruang lingkup pembahasan, memilih pendekatan yang akan digunakan, baik pendekatan langsung maupun tidak langsung.


Penulisan PROPOSAL BISNIS
Tahap penulisan terdiri dari:
Menyesuaikan dengan penerima. Perhatikan apa yang dibutuhkan penerima, juga perhatikan tingkah laku, kesopanan, dan bahasa yang bebas bias yang akan anda gunakan.

Memilih kata-kata yang dapat diterima penerima. Pilih kata-kata yang “kuat” dan dapat membantu anda merangkai kalimat efektif.


Melengkapi dan menyelesaikan PROPOSAL BISNIS
Tahap ini terdiri dari:
Merevisi pesan. Evaluasi isi PROPOSAL BISNIS, edit dan tulis ulang untuk memungkinkan PROPOSAL BISNIS lebih ringkas dan jelas.


Menghasilkan pesan. Gunakan desain yang efektif untuk membantu penampilan anda.
Periksa ulang (proofreading) pesan. Periksa kembali terhadap kemungkinan kesalahan yang terjadi.
Kirimkan pesan. Sampaikan PROPOSAL BISNIS anda melalui media yang ada dan anda anggap efektif, bisa secara tertulis, diampaikan langsung atau melalui media elektronik.

Ciri-ciri PROPOSAL BISNIS yang Efektif.
Seperti halnya laporan, PROPOSAL BISNIS bisnis yang efektif dapat terdiri dari:
-Latar belakang
-Maksud dan tujuan
-Tema
-Waktu dan tempat
-Sasaran
-Lembar pengesahan.


Untuk PROPOSAL BISNIS permohonan dana, dilampirkan juga rekapitulasi proyeksi rugi laba atau hhasil studi kelayakan usaha yang merupakan salah satu informasi yang dibutuhkan pengguna. Namun demikian, umumnya pada setiap jenis PROPOSAL BISNIS terdapat lapiran rekapitulasi dana yang diperlukan untuk suatu proyek tententu yang akan atau sedang dibangun.





» Read More...